Silviani Dwi Putri, Renny Risdawati, dan Ade Dewi Maharani

VALIDITAS LKS BERORIENTASI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK KELAS XI SMA

Silviani Dwi Putri, Renny Risdawati, Ade Dewi Maharani

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat

ABSTRAK 

Bahan ajar yang digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran berupa buku paket dan LKS. LKS yang digunakan kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi disajikan secara singkat, gambar yang disajikan tidak bewarna dan LKS tersebut kurang memperhatikan kebutuhan siswa sehingga tidak menggali kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sistem peredaran darah karena siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi beserta proses yang terdapat pada materi sistem peredaran darah. Pada materi sistem peredaran darah peserta didik masih kurang adanya aktivitas menemukan sendiri konsep yang diajarkan, peserta didik sebatas menghafal berbagai konsep dalam buku teks yang mengakibatkan peserta didik kurang dapat menuangkan ide-idenya serta membentuk konsep baru. Untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran dikembangkan bahan ajar berupa LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan validitas dan praktikalitas LKS berorientasi pendekatan inkuiri terbimbing pada materi sistem peredaran darah untuk kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Model4D. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop (Pengembangan) yaitu sampai uji validitas. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data statistik deskriptif persentase. Hasil uji validitas LKS berorientasi pendekatan inkuiri terbimbing oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini memiliki kriteria sangat valid dari segi kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikan dengan nilai rata-rata 81,62%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berorientasi pendekatan inkuiri terbimbing pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sangat valid.

Keywords: Validitas, LKS, Inkuiri Terbimbing, Sistem Peredaran Darah

Full Text PDF

DAFTAR PUSTAKA
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007: Jakarta: BNSP.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Pratama.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. (peminatan). Bandung :Yrama Widya.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sa’diyah, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Indra Manusia Untuk SMA. Jurnal MIPA Universitas Negeri Semarang. Hlm. 362-366.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara: Jakarta.


>