PENGARUH MODEL QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP YPM BANGKO SEMESTER GANJIL 2014/2015
Rivo Yulse Viza
Program Studi Pendidikan Biologi STKIP YPM Bangko
rivoyulse02@gmail.com
ABSTRAK
Hasil belajar mahasiswa biologi pada mata kuliah genetika semester ganjil 2014/2015 masih rendah, rendahnya hasil belajar mahasiswa biologi disebabkan karena mahasiswa belum bisa untuk mengungkapkan ide atau gagasan, mahasiswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh dosen, mahasiswa cenderung pasif. Dengan model question student have (QSH) dapat merangsang mahasiswa dalam melatih mengembangkan daya pikir, dan mampu mengembangkan keberanian mahasiswa dalam mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model question student have (QSH) terhadap hasil belajar genetika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa genetika semester ganjil 2014/2015 STKIP YPM Bangko sebanyak tiga kelas terdiri dari 77 mahasiswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk uraian untuk mendapatkan data hasil belajar. Tenik analisis data adalah uji hipotesis yaitu menggunakan uji t-test, uji korelasi phi dan sebagai uji prasyarat analisis dilakukan terlebih dahulu uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Dari analisis data tes akhir pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 74,83 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 64,83. Kemudian data dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebesar 5,47 dan sebesar 2,002. Karena > atau 5,47 > 2,002 maka terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Question student Have (QSH) dengan model pembelajaran konvensional. Uji phi korelasi diperoleh dan jika nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikansi yaitu 0,254 maka nilai tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan nilai rtabel ( ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model question student have (QSH) terhadap hasil belajar Genetika mahasiswa pendidikan biologi STKIP YPM Bangko semester ganjil 2014/2015.
Full Text PDF
>
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eriyani, Elfa. dkk. 2010. Panduan Penyusunan Skripsi. Bangko:
STKIP YPM Bangko
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara
Infajaro, Luluk.
2011. “Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have”. UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, (http://digilib.uin-suka.ac.id/6370/, diunduh 5 Maret
2103)
Meier, Dave. 2008. The accelerated learning. Jakarta: Kaifa
Dimyati. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula.
Bandung: Alfabeta
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung:
Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sunhaji.
2009. Strategi Pembelajaran.
Yoyakarta: Grafindo Litera Media
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta:
Prestasi Pustaka
Walpole.,
R.E.1992. Pengantar Statistik. Edisi 3. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama