UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MTS.S ATTAQWA MUARA PANCO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. (Leni Marlina)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MTS.S ATTAQWA MUARA PANCO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Leni Marlina

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP YPM Bangko
lhenymaniez87@yahoo.co.id

ABSTRAK

Hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs.S ATTAQWA Muara Panco Barat tergolong masih rendah. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru bidang studi IPA di sekolah tersebut, dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIII MTs.S Attaqwa Muara Panco Barat hanya 40% siswa yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Rendahnya hasil belajar ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru hanyalah model konvensional sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MTs.S ATTAQWA Muara Panco Barat. Tindakan Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs.S ATTAQWA Muara Panco Barat yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 12 laki-laki 8 perempuan. Data penelitian ini berupa hasil observasi aktivitas siswa dan kegiatan guru dalam PBM serta evaluasi berupa tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VIII MTs.S ATTAQWA Muara Panco Barat dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA khususnya pada materi sistem gerak pada manusia melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VIII MTs.S ATTAQWA Muara Panco Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pada siklus I 69,75 pada siklus II meningkat menjadi 78,75, sementara ke tuntasan belajar siswa dari 55% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai KKM 75.

Kata kunci: Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together 
(NHT), Hasil Belajar.


Full Text PDF

AFTAR PUSTAKA

Daroji & Haryati. 2012. Ilmu Pengetahuan Alam. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar  Ilmu Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung: GP Press.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasaran Indonesia.
Mulyasa. 2009. Praktik penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sasongko, T. Rizal. 2012. Penerapann  ModelPembelajaranKooperatifTipeNHT UntukMeningkatkanHasil Belajar Pkn Materi GlobalisasiBagi Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Pegiringan Kabupaten Pemalang.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Slavin, E Robert. 2008. Cooperatif Learning Teori Riset dan Praktek. Bandung: NUSA Media.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto.2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Reneka Cipta
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafinda Persada
Sunhaji. 2009. Strategi Pembelajaran. Yokyakarta: Grafindo Litera Madia.
Sutikno,Sobry.2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok:  Holistica.
Trianto. 2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta: Kencana.

Setiawan, Parta. 2015. Pengertian Biologi Lengkap Menurut Para Ahli, (gurupendidikan.com, diunduh 19 Juni 2015).