ALIDASI LKS BERGAMBAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI DI SMAN 1 SOLOK SELATAN (Hesti Oktaviani, Sisika Nerita, dan Lince Meriko)

VALIDASI LKS BERGAMBAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI 
DI SMAN 1 SOLOK SELATAN

Hesti Oktaviani, Siska Nerita, Lince Meriko

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
hestioktavia@gmail.com

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran, peserta didik dituntut untuk memahami materi pelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Bahan ajar yang digunakan di sekolah yaitu buku paket dengan terbitan KTSP, sedangkan kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013, dan LKS yang ada tidak menarik yang kurang menuntun siswa menemukan konsep materi. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus mampu menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya, salah satunya LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas. LKS bergambar berbasis inkuiri terbimbing pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil uji validitas LKS bergambar berbasis inkuiri terbimbing oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat valid dengan nilai 81,6% ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Dapat disimpulkan bahwa validitas LKS bergambar berbasis inkuiri terbimbing pada materi jaringan tumbuhan yang dihasilkan sangat valid.


Kata Kunci: Validasi, LKS, Inkuiri Terbimbing, Jaringan Tumbuhan

Full Text PDF

DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Sadiman, A. et al 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuriyani, E. 2012.  Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA. Palembang: Widyaswara BDK.
>