UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII B SMPN 20 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rozana Zuhri)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII B SMPN 20 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rozana Zuhri

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP YPM Bangko
zhue_rieismak@yahoo.com

ABSTRAK

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di SMPN 20 Merangin khususnya di Kelas VIIIB, pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas tersebut lebih cenderung menggunakan model pembelajarn konvensional dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. Hal ini menimbulkan pengalaman belajar yang kurang bermakna bagi siswa, sehingga kemampuan siswa secara intelektual, mental dan sosial menjadi kurang berkembang yang mengakibatkan hasil belajar IPA siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa belum mencapai KKM yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan upaya meningkatkan hasil belajar IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII B SMPN 20 Merangin Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang menjadi objek dalam penelitian tindakan kelas (PTK) adalah siswa kelas VIIIB SMPN 20 Merangin Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan dengan satu kali evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 68,44 sedangkan siklus II sebesar 71,83. sedangkan ketuntasan klasikalnya 61,11 % siklus I dan 78% siklus II. Peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 16,89%. Selain dapat meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIIIB SMPN 20 Merangin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan pula aktifitas belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif,Jigsaw

Full Text PDF


DAFTAR PUSTAKA

Amri, S, dan Ahmadi, I.K. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anggraini, B. 2012. Penerapan Praktikum dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas.

Budiarti, Y. 2009. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains IPA Biologi Siswa (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Darmodjo, H, dan Kaligis, J.R.E. 1991. Pendidikan IPA III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewi, L.P. 2010. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Praktikum Difusi dan Osmosis (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fogarty, R. 1997. Problem Based Leraning and Multiple Intelligences Classroom. Melbourne: Hawker Brownlow Education.

Hamalik, O. 1983. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. 

2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastriani, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP (Skripsi).Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Julaeha, S. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa pada Konsep Fotosintesis di Kelas VIII (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta: Gramedia.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subiantoro, A.W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA (Makalah). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudijono, A. 2004. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sudirman, N, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta




>