APLIKASI TABLET VESIKULAR ARBUSKULAR MIKORIZA (VAM) SEBAGAI KOMPONEN MASUKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KEDELAI HITAM (Glycine soja) (Parwito dan Susi Handayani)

APLIKASI TABLET VESIKULAR ARBUSKULAR MIKORIZA 
(VAM) SEBAGAI KOMPONEN MASUKAN TEKNOLOGI 
UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN 
KEDELAI HITAM (Glycine soja)

Parwito dan Susi Handayani

Fakultas Pertanian Universitas Ratu Samban Bengkulu Utara

ABSTRAK

Kebutuhan terhadap kedelai hitam sangat tinggi dalam pembuatan kecap dan pembuatan bahan lain yang menggunakan bahan kedelai, hal ini dapat dilihat dari perkembangan konsumsi kecap di dalam negeri. Pengembangan kedelai di Indonesia menjadi sangat penting dengan meningkatnya konsumsi kedelai sedangkan impor menjadi kebijakan yang masih digunakan untuk menutupi kebutuhan kedelai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aplikasi tablet vesikular arbuskular mikoriza (VAM) sebagai komponen masukan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi kedelai hitam (Glycine soja.). Penelitian dilaksanakan April sampai September 2015 di Kelurahan Lingkar Timur Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan faktor tunggal. Perlakuan faktor tunggal tersebut adalah Inokulum Tablet Vesikular Arbuskular Mikoriza (T). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman dan jumlah daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan aplikasi tablet vesikular arbuskular mikoriza terhadap tanaman kedelai hitam tidak berpengaruh nyata pada komponen tinggi tanaman dan jumlah daun umur 1 MST, 2 MST dan 3 MST.

Kata kunci: Tablet Vesikular Arbuskular Mikoriza, Teknologi, dan Kedelai hitam (Glycine soja)




DAFTAR PUSTAKA

Anggarini Avy., M. Tohari., Dody Kastono. 2012. Pengaruh Mikoriza Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Sorgum Manis (Sorghum bicolor L. Moench) Pada Tunggul Pertama dan Kedua. jurnal.ugm.ac.id/index.php/jbp/article/download/1614/1427. Diakses tanggal 12 Juli 2014

Andrianto, TT, dan Indarto, N. 2004. Budidaya dan analisis usaha tani kedelai, kacang hijau, kacang panjang. Absolut,

Bakhtiar, Y., L. Suhartini, N. Djamaan. 2005. Inokulasi mikoriza arbuskular danpenambahan kompos pada pembibitan tanaman kelapa sawit (Elaeisguineensis jacq). Biosains dan Bioteknologi Indonesia 4 (1):1 -5.

Damardjati, D.S., Marwoto, D.K.S Swastika, D.M. Arsyad, dan Y. Hilman. 2005. Prospek dan arah pengembangan agribisnis kedelai. Badan Litbang Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta. 

Husin, E.F . 1997. Respon beberapa jenis tanaman terhadap mikoriza vesikula arbuskular dan pupuk fospat pada ultisol. hlm 4 – 8 di dalam Prosiding: Pemanfaatan Cendawan Mikoriza untuk Meningkatkan Produksi Tanaman pada Lahan Marginal. Asosiasi Mikoriza Indonesia-Universitas Jambi.

Husin, E. F. 1994. Mikoriza. Fakultas Pertanian. Universitas Andalas, Padang

Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 2012. Perkembangan ekspor dan impor komoditi hasil industri dari negara tertentu. http://www.keme nperin.go.id/ (10 September 2013)

Maryani, R. 2007. Analisis permintaan dan penawaran industri kecap di Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 74 hal. 

Mattjik A A, I. M Sumertajaya., 2006. Perancang Percobaan dengan Aplikasi SAS dan MINITAB. Bogor: IPB Press.

Menge, J.A. 1984. Inoculum production, pp. 187-203. In C.L. Powell, and D.J. Bagyaraj (Eds.). VA Mycorrhiza. CRC Press. Florida.

Parwito. 2009. Peningkatan Produksi Kedelai Varietas Lokal Di Lahan Endemis Patogen Sclerotium rolfsii Sacc dengan Aplikasi Actinomycetes dan Vesikular Arbuskular Mikoriza (VAM). Tesis Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Subandi, A. Harsono, dan H. Kuntyastuti. 2007. Areal Pertanaman dan Sistem Produksi Kedelai di Indonesia, hal. 104-129. Dalam Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto, dan H. Kasim (Eds.). Kedelai, Teknik Produksi dan Pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor. 521 hal. 

Subiksa, I. G. M. 2002. Pemanfaatan Mikoriza untuk Penanggulangan Lahan Kritis. http://tumoutou.net/702_04212/igm_subiksa.htm

Sudaryanto T. dan D.K.S. Swastika. 2007. Ekonomi Kedelai di Indonesia, hal. 1-27. Dalam Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto, dan H. Kasim (Eds.). Kedelai, Teknik Produksi dan Pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor. 

Wahono, T. 2012. Kedelai hitam terbaik dunia ada di Indonesia. http://bisnis keuangan.kompas.com (3 Januari 2014)

Welly, hans doris. 2013. Pengaruh Kedalaman Muka Air Tanah Pada Berbagai Varietas Kedelai Hitam (Glycine max (L.) Merr.) Dengan Sistem Budidaya Jenuh Air Di Lahan Pasang Surut. Skripsi S1 Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

>