PENGEMBANGAN BUKU KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) UNTUK PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN (Rina Delfita)

PENGEMBANGAN BUKU KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) UNTUK PERKULIAHAN 
FISIOLOGI HEWAN 

Rina Delfita

Program Studi Pendidikan Biologi STAIN Batusangkar
rdelfita@yahoo.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku kerja berbasis PBM untuk memfasilitasi pencapaian keterampilan berfikir tingkat tinggi mahasiswa yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Fisiologi Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap,yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap perancangan prototipe dan tahap penilaian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa buku kerja Fisiologi hewan Berbasis Pembelajaran Berdasrkan Masalah yang dihasilkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 87,19% dan sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 82,66%. Dengan demikian buku kerja ini dapat meningkatkan keaktifan, motivasi belajar dan meningkatkan kemampuan berfikir tingakat tinggi mahasiswa serta dapat dipergunakan di Perguruan Tinggi.



Kata kunci: Buku kerja, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Berfikir Tingkat Tinggi, Fisiologi Hewan

Full Text PDF

DAFTAR PUSTAKA
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach 2. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Muslimin. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya. Unesa University Press.
Nieveen, Nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Nieveen, Nienke. 2010. Formative Evaluation in Eduational Design Research. Dalam Tjeer Plom and Nienke Nieeveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research. (p:9-35). Netherlands in www.slo.nl/organisatie/inter-national/ publications.
Nurmayenti, Isra.(2008). Pengembangan Buku Kerja Berbasis Konstruktivisme untuk Perkuliahan Kalkulus. Tesis. Universitas Negeri Padang.Tidak Dipublikasikan.
Rustam. (2004). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Tipe Terhubung (connected) Diimlementasikan dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Tesis.Universitas Negeri Surabaya. Tidak Dipublikasikan.
Thiagarajan,S dan Semmel, D.S. (1974) Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: University of Minnesota.

Van den Akker, J. 1999. Principles and Methods of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.


>