PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI (Endila Dike Suryani, Renny Risdawati, Ade Dewi Maharani)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR
PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI
SISTEM RESPIRASI KELAS XI

Endila Dike Suryani, Renny Risdawati, Ade Dewi Maharani

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
endiladikesuryani@yahoo.co,id

ABSTRAK

Penilaian hasil belajar merupakan suatu kegiatan untuk mengukur kemampuan siswa. Penilaian hasil belajar terdiri atas ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Namun guru mengalami kesulitan dalam memberikan skor untuk penilaian afektif dan psikomotor, sehingga penilaian afektif dan psikomotor tidak berjalan sesuai tuntutan kurikulum. Untuk membantu guru dalam melakukan penilaian dikembangkan instrumen penilaian psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan validitas dan praktikalitas instrumen penilaian psikomotor. Penelitian ini menggunakan 4-D Models yang terdiri atas 4 tahap yaitu, define, design, develop dan disseminate. Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus di beberapa SMA Negeri di Kota Padang. Hasil uji validitas instrumen penilaian psikomotor menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotor memiliki kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 91,27% yang terdiri atas penilaian kinerja 89,86%, penilaian produk 91%, penilaian proyek 91,42% dan penilaian portofolio 92,78%. Hasil uji praktikalitas instrumen penilaian psikomotor oleh guru menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,03%. 


Kata Kunci : Pengembangan, instrumen, penilaian psikomotor dan sistem respirasi.

Fulltext PDF

DAFTAR PUSTAKA
Basuki, I. dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Jihad, A. dan Abdul, H. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratnawulan, E. dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surapranata, S. dan Muhammad, H. 2007. Penilaian Portofolio: Implementasi

Kurikulum 2004. Bandung : Remaja Rosdakarya.
>