PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR
PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI
SISTEM RESPIRASI KELAS XI
Endila Dike Suryani, Renny Risdawati, Ade Dewi Maharani
Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
endiladikesuryani@yahoo.co,id
ABSTRAK
Penilaian hasil belajar merupakan suatu kegiatan untuk mengukur kemampuan siswa. Penilaian hasil belajar terdiri atas ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Namun guru mengalami kesulitan dalam memberikan skor untuk penilaian afektif dan psikomotor, sehingga penilaian afektif dan psikomotor tidak berjalan sesuai tuntutan kurikulum. Untuk membantu guru dalam melakukan penilaian dikembangkan instrumen penilaian psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan validitas dan praktikalitas instrumen penilaian psikomotor. Penelitian ini menggunakan 4-D Models yang terdiri atas 4 tahap yaitu, define, design, develop dan disseminate. Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus di beberapa SMA Negeri di Kota Padang. Hasil uji validitas instrumen penilaian psikomotor menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotor memiliki kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 91,27% yang terdiri atas penilaian kinerja 89,86%, penilaian produk 91%, penilaian proyek 91,42% dan penilaian portofolio 92,78%. Hasil uji praktikalitas instrumen penilaian psikomotor oleh guru menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,03%.
Kata Kunci : Pengembangan, instrumen, penilaian psikomotor dan sistem respirasi.
Fulltext PDF
>
DAFTAR PUSTAKA
Basuki, I. dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Jihad, A. dan Abdul, H. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Mudjiono dan
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ratnawulan,
E. dan Rusdiana. 2015. Evaluasi
Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana,
N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surapranata, S. dan Muhammad, H. 2007. Penilaian Portofolio: Implementasi
Kurikulum 2004. Bandung : Remaja
Rosdakarya.