VALIDASI HANDOUT BERGAMBAR DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI PROTISTA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X (Firmana Jutin, Rina Widiana dan Vivi Fitriani)

VALIDASI HANDOUT BERGAMBAR DILENGKAPI
PETA KONSEP PADA MATERI PROTISTA
UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

Firmana Jutin, Rina Widiana, Vivi Fitriani

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat

ABSTRAK

Proses belajar mengajar membutuhkan suatu media pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Bentuk media pembelajaran yang digunakan adalah bahan ajar. Di SMA N 6 Padang siswa menggunakan handout yang dibuat oleh guru memiliki beberapa kekurangan sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar, untuk itu penulis ingin mengembangkannya berupa handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas handout bergambar dilengkapi peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Validasi handout merupakan salah satu tahap dari develop. Untuk mendapatkan handout yang valid, dilakukan validasi handout oleh validator. Penetapan validator menggunakan metode purpose sampling, yang terdiri dari 3 orang dosen (2 orang ahli Taksonomi dan 1 orang ahli Media Pembelajaran) dan 2 orang guru Biologi SMA. Pengumpulan data menggunakan lembaran validasi yang diisi oleh validator. Validasi handout yang dinilai mencakup tiga aspek, yaitu didaktik, konstruksi dan teknis. Data diolah secara kuantitatif serta dianalisis secara deskritif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan handout bergambar yang dilengkapi peta konsep pada materi protista sudah memenuhi kriteria valid, dengan rata-rata nilai validitas 89,9% dan sudah bisa diuji praktikalitas dan efektifitasnya untuk melihat efisiensi penggunaannya disekolah

Keyword: Media, handout, peta konsep dan protista


Full Text PDF

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Angkowo, R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Luftri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.  Jogjakarta:
DIVA Press.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta:
DIVA Press.
Sadiman, S. A. dkk. 2011. Media pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Menengah
>