PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI NEURULASI (Diana Susanti dan Liza Yulia Sari)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI NEURULASI

Diana Susanti dan Liza Yulia Sari

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat

ABSTRAK

Neurulasi merupakan salah satu materi pada perkuliahan perkembangan hewan. Dari hasil wawancara dengan dosen mata kuliah perkembangan hewan yaitu ibu Ria Kasmeri, M.Si, terungkap bahwa hasil belajar mahasiswa pada materi ini tergolong rendah. Selama proses perkuliahan penggunaan media yang ada, tidak mendukung pencapaian tujuan perkuliahan. Media yang digunakan selama ini adalah powerpoint, gambar dan video. Video yang digunakan tidak sesuai dengan tujuan perkuliahan dan kurikulum, sehingga tujuan perkuliahan tidak tercapai. Selain itu materi ini menuntut mahasiswa mengetahui bagaimana mekanisme neurulasi pada hewan aves, reptil dan manusia, yang tidak bisa diperlihatkan secara jelas oleh gambar maupun powerpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media interaktif berorientasi konstruktivisme terhadap hasil belajar mahaisiswa pada materi neurulasi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan pengolahan data berupa persentase hasil belajar. Nilai hasil belajar yang diperoleh dari hasil ujian yang diikuti oleh 33 orang mahasiswa dengan rata-rata 87.52 yang memiliki tingkat standar penilaian A). Jadi dapat disimpulkan penggunaan media interaktif berorientasi konstruktivisme pada materi neurulasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.


Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Materi Neurulasi, Hasil Belajar.

Full Text PDF



DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Asnawir dan Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Ahmad. 2011. Cara Menggunakan dan 

Rustaman, Nuryani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Uno, Hamzah.2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
>