PENGARUH STRATEGI AKTIF TIPE COLLEGE BALL DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 02 IV JURAI, PESISIR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Endi Mulia Apandi, Rina Widiana, Annika Maizeli)

PENGARUH STRATEGI AKTIF TIPE COLLEGE BALL DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 02 IV JURAI, PESISIR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Endi Mulia Apandi, Rina Widiana, Annika Maizeli

Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
rinaroesdi68@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa SMPN 02 IV Jurai, Pesisir Selatan tahun pelajaran 2014/2015. Aktivitas belajar siswa dipengarui banyak faktor, salah satunya strategi dan media yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, guru harus kreaktif dan inovatif dalam memilih strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karaktar siswa. Salah satu strategi dan media yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah strategi college ball disertai medianya berupa mind map. Maka berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk melihat pengaruh strategi aktif tipe college ball dikombinasikan dengan mind map terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 02 IV Jurai, Pesisir Selatan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Grup Posttest Only Design. Pengambilan kelas sampel menggunakan teknik satruration sampling (total sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran aktivitas siswa yang meliputi, siswa yang mengajukan pertanyaan, siswa menjawab pertanyaan, siswa menanggapi dan melengkapi jawaban. Berdasarkan hasil analisa didapat rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah, 26,67% siswa yang mengajukan pertanyaan, 53,33% siswa yang menjawab pertanyaan dan 37,77% siswa yang menanggapi dan melengkapi jawaban. Sedangkan pada kelas kontrol yaitu, 7,14% siswa yang mengajukan pertanyaan, 38,09 siswa yang menjawab pertanyaan dan 7,14% siswa yang menanggapi dan melengkapi jawaban. Dapat disimpulkan strategi aktif tipe college ball dikombinasikan dengan mind map dapat menigkatkan aktivitas siswa kelas VII SMPN 02 IV Jurai, Pesisir Selatan.


Keywords: Strategi Aktif Tipe College Ball, Mind Map, Hasil Belajar

Full Text PDF

DAFTAR PUSTAKA                 
                                                                           
Anggraini, M. (2010). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Belajar Aktif Dengan Strategi Mind Mapping di Sekolah dan di Rumah Pada Kelas VIII SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. STKIP : Skripsi tidak dipublikasikan. 

Buzan, T. (2011). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Halomoan, A. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 35 Padang. STKIP : Skripsi tidak dipublikasikan. 

Lufri. 2005. Metode Penelitian. Padang : UNP Press.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Perss.

Silberman, M. L. (2009). Aktive Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana. N. 2006. Penilaian Hasil Mengajar. Bandung : Remaja Rosada Karya

Syamsuddin, A. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.


>