VALIDITAS HANDOUT BERGAMBAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA
Tesi Karlina, Gustina Indriati, Ade Dewi Maharani
Program Studi Pendidikan Biologi
STKIP PGRI Sumatera Barat
tesikarlina@ymail.com
gustina_indriati@yahoo.com
adedewimaharani@gmail.com
ABSTRACT
The observation has been conducted found that in order to support students learning teaching material receipts. Teaching materials used may be a textbook and handouts. Textbooks used has the look of text, less attractive, colored black and white picture. While the handout material used is too brief and did not include pictures. Material human circulatory system is a matter that there are many drawings, schematics, and systems. For that developed teaching material in the form of handouts in order to facilitate the students while attending the learning process as well as the complete lack of material given in the textbook and materials given orally by educators. This study aims to determine the scientific validity of the handout picture based on the material of the human circulatory system for class XI. This research is a development that uses 4D model. This research was conducted to develop phase (Development) is to test the validity. The type of data this research is the primary data consist of the results of the validation. The data were analyzed using descriptive statistics percentages. Test results based on the scientific validity of the handout picture by the validator indicates that the handout has a very valid criteria of eligibility in terms of content, linguistic components, presentation components, and components kegrafikan with an average value of 84.67%. Based on these results it can be concluded that the handout picture based on the material scientific human circulatory system for class XI SMA generated a very valid.
ABSTRAK
Hasil observasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa untuk menunjang proses pembelajaran siswa meggunakan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dapat berupa buku teks dan handout. Buku teks yang digunakan memiliki tampilan berupa teks, kurang menarik, gambarnya bewarna hitam putih. Sedangkan handout yang digunakan materinya terlalu ringkas dan tidak dilengkapi gambar. Materi sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang terdapat banyak gambar, skema, dan sistem. Untuk itu dikembangkan bahan ajar berupa handout agar memudahkan peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran serta melengkapi kekurangan materi yang diberikan dalam buku teks maupun materi yang diberikan secara lisan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas handout bergambar berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Model 4D. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop (Pengembangan) yaitu sampai uji validitas. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data statistik deskriptif persentase. Hasil uji validitas handout bergambar berbasis saintifik oleh validator menunjukkan bahwa handout ini memiliki kriteria sangat valid dari segi kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikan dengan nilai rata-rata 84,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa handout bergambar berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sangat valid.
Keywords : Validitas, Handout, Saintifik, Sistem Peredaran darah.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BNSP.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kurinasih, I & Berlin S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah No. 19. 2005. Tentang Standar Proses. Jakarta: BNSP.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.