ANALISIS AKTIVITAS MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNP PADA MATAKULIAH EVOLUSI MENGGUNAKAN BUKU AJAR EVOLUSI MOLEKULER DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING DAN KONVENSIONAL (Rahmawati Darussyamsu dan Muhyiatul Fadilah)

ANALISIS AKTIVITAS MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNP PADA MATAKULIAH EVOLUSI MENGGUNAKAN BUKU AJAR EVOLUSI  MOLEKULER DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING DAN KONVENSIONAL

Rahmawati Darussyamsu dan Muhyiatul Fadilah

Program Studi Pendidikan Biologi, 
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Padang
e-mail: rahmawati6786@gmail.com

ABSTRAK

Pembelajaran aktif masih banyak mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Salah satu penyebab utama terjadinya kendala tersebut karena mahasiswa tidak mempersiapkan pengetahuan awalnya dengan baik. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar Reading, Questioning and Answering (RQA). Penelitian ini merupakan bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar mahasiswa pada matakuliah Evolusi di Jurusan Biologi FMIPA UNP menggunakan buku ajar Evolusi Molekuler dengan strategi pembelajaran RQA dibandingkan dengan kelas lainnya yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (presentasi dan tanya jawab). Subjek penelitian ini terdiri atas 46 orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan rumus persentase. Hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran RQA tidak memberikan hasil yang berbeda dengan kelas konvensional (RQA = 60,1% dan konvensional = 58,7%). Faktor-faktor penyebab hal tersebut terjadi lebih lanjut dijelaskan dalam makalah ini.

Kata Kunci: Aktivitas Mahasiswa, Matakuliah Evolusi, Strategi Pembelajaran RQA

ABSTRACT

Active learning get some trouble to aplicate. It happens because the student do not prepare their primary knowledge seriously. The alternative way to solve this problem is using Reading, Questioning, and Answering (RQA) learning strategy. This research conducted to descript students’ learning activity using Molecular Evolution Text Book with RQA learning strategy, compairing with the other class which using conventional method (presentation and discussion). The subjects consisted of 46 student. The data were collected using observation sheets. Data analyzed using qualitative approach with percentage formula. Result shows that students’ activity using RQA learning strategy do not different with the conventional ones (RQA = 60,1% and conventional = 58,7%). The causing factors of it explain comprehendly in this article.

Keywords: Student’s Activities, Evolutionary Subject, RQA Learning Strategy

DAFTAR PUSTAKA 

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 

Arismunandar, W. 2003. Komunikasi Dalam Pendidikan. Makalah disajikan dalam Acara Apresiasi dan Pengabdian Guru Besar dan Dosen Senior, Departemen Teknik Mesin, Aula Timur ITB, Bandung, 27 September. 

Arsih, F. dan Fadilah, M. 2013. Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square yang Dilengkapi dengan LKM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi pada Matakuliah Genetika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA Tahun 2013 “Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study”. ISBN: 978-602-19877-1-1. (Hal: 262-269). 

Corebima, A. D. 2009. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FMIPA UM. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM, Malang, 30 Juli. 

Darussyamsu, R. 2013. Pengembangan Buku Ajar Evolusi Menggunakan Pendekatan Molekuler dengan Penerapan Asesmen Autentik di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPs UM. 

______. 2014. Increasing Students’ Activities and Learning Achievement in General Biology Course Using Reading Questioning and Answering Method. Proceeding of International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences. Yogyakarta: Yogyakarta State University. 

Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practice. Fourth Edition, Jhons Hopkins University. 

Sulistiarini, D. 2010. Pengaruh Pengembangan Bahan Ajar Teori Evolusi Berbasis Molekuler Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Model FC2P Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa SMA Negeri 3 Malang. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPs UM. 

Widodo, Lestari, U., dan Amin, M. 2003. Panduan Belajar Evolusi. Malang: Jurusan Biologi. Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. 

Zafri. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang. 

Zaini, H., dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development(CTSD) IAIN Sunan Kalijaga. 

Zulyusri dan Darussyamsu, R. 2014. Increasing ISTE Program Students’ Activities Using Video on Writing and Retelling. Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences 2014. Yogyakarta State University, 18-20 May 2014. (Hal: BE-349 s.d. BE-355).

Download Full Text PDF

>