PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI LDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN (Septia Ruliyani, Armein Lusi Z, dan Liza Yulia Sari)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI LDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Septia Ruliyani, Armein Lusi Z, dan Liza Yulia Sari

Program Studi Pendidikan Biologi 
STKIP PGRI Sumatera Barat

ABSTRAK

Results of studying Biology class VIII SMPN 1 Lengayang District of South Coastal District has not reached the minimum completeness criteria (KKM). One of the causes of learning outcomes have not yet reached KKM allegedly due to lack of teachers still use a variety of learning models in the learning process. Teachers usually describes learning to use the lecture method, which only focuses on the delivery of content by teachers without involving students. This study aims to determine the establishment of a model problem based learning with (LDS) on learning outcomes grade science students SMPN 1 South Pesisir subdistrict Lengayang Kabupaten.This type of research is an experiment with the entire population is a class VIII student enrolled in the academic year 2015/2016. Sampling method with total sampling technique. Determination of the experimental class and control by means of a lottery, the first class is drawn as an experimental class, while the second class as the control class, the obtained experimental class is class VIII4 and control classes, namely class VIII3. The instrument used is a written test to shape an objective matter. Analysis of the data used by the -t test. Based on the results of learning science test scores of students, average values obtained experimental class was 71.33 and the average value of the control class is 67.93. The results of t-test analysis, obtained t (1,60)

Keyword : Guide Problem Based Learning, Learning Outcome 

ABSTRAK

Hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu penyebab hasil belajar belum mencapai KKM diduga karena guru masih kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Guru biasanya menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, yang hanya berfokus pada penyampaian materi oleh guru tanpa melibatkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan model problem based learning disertai (LDS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabuten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Metode penarikan sampel dengan teknik total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara undian, kelas pertama yang terambil sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas yang kedua sebagai kelas kontrol, maka diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas VIII4 dan Kelas kontrol yaitu kelas VIII3. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Analisis data digunakan dengan uji -t. Berdasarkan skor tes hasil belajar IPA siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 71,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,93. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (1,60) < ttabel (1,67) yang berarti H1 ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dan tidak meningkatkan hasil pembelajaran biologi dan tidak mencapai kriteria minimal ketuntasan (KKM) siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan pada materi sistem gerak pada manusia.

Kata kunci: Penarapan Problem Based Learning,Hasil Belajar
Download: Full Text PDF



DAFTAR KEPUSTAKAAN

Djamarah, S. Bahri & Zain Aswan (2013). Strategi Belajar Mengajar. rev. ed. Jakarta: Rineka Cipta. 

Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press. 

Lufri,M.S.2007. metedologi penelitian. Padang : UNP Press. 

Lufri,M.S. 2007. Strategi pembelajaran biologi. Padang :UNP Press. 

Sanjana,wina. 2006. Strategi pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : Rajawali Pres. 

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


>