PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI
JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA SMP
Vivi Fitriani dan Evrialiani Rosba
Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
rosba.evrialiani@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan untuk SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan pada model 4-D (define, design, develop, disseminate). Pada tahap Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas. Pada tahap Design dilakukan perancangan prototype LKS. Pada tahap Develop dilakukan validasi LKS, Praktikalitas didapatkan melalui angket guru dan siswa. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran LKS berbasis inkuiri terbimbing yang merupakan produk akhir hasil pengembangan yang disebar ke SMP lain. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil validasi LKS, dan praktikalitas terhadap LKS yang dihasilkan. Hasil validasi LKS berbasis pendekatan inkuiri terbimbing menunjukkan sangat valid dengan nilai-nilai rata 81,41 %. untuk praktikalitas oleh guru rata-rata 88,46 % dengan kriteria sangat praktis dan siswa 83,46% dengan kriteria praktis. rata-rata hasil praktikalitas tersebut LKS yang dihasilkan termasuk kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan untuk SMP valid dan sangat praktis
Kata kunci: LKS, Inkuri Terbimbing, valid, praktis
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas,2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas
Jufri,Wahab. 2013. Belajar dan pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta : DIVA Press
Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya