VALIDITAS PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI BERNUANSA KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP (Niken; Lufri; Ramadhan Sumarmin)

VALIDITY OF SCIENCE PROCESSING SKILL NUANCED BIOLOGY PRACTICAL GUIDE FOR EVEN SEMESTER OF 11TH GRADE 
HIGH SCHOOL STUDENTS 

VALIDITAS PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI BERNUANSA KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP 

Niken (1), Lufri (2), Ramadhan Sumarmin (2) 

(1) Program Studi D3 Kebidanan, Stikes Syedza Saintika Padang 
(2) Staff Pengajar Pascasarjana Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang 

nikengusri@gmail.com 

ABSTRACT 

This study aimed to assess validity of science processing skill nuance biology practical guide for even sen semester of 11th grade high school students. This is a developmental research using Plomp model. This model consists of three phases, comprising preliminary research, developmental or prototyping, and assessment phases. However, this research was performed up to the development or protyping phase only, that is until validity phase. Research was conducted in May, 2015 at Universitas Negeri Padang and at SMAN 1, 9, and 10 in Sijunjung. Data collected from this research was validity test results of practical guide by the university lecturers and high school teachers. Data was analyzed using descriptive statistics. Validity result from lecturers and teachers for this practical guide showed average score of 3.66, with a highly valid criteria. 

Keywords: Validity, Practical Guidance, Science Process Skills 

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas penuntun praktikum bernuansa keterampilan proses sains untuk siswa SMA kelas XI semester genap. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and The develop-ment) menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap atau fase yaitu tahap investigasi awal (preliminary research phase),tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan atau pembuatan prototipe yaitu sampai pada tahap validitas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Padang dan SMAN 1,9,10 Sijunjung. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil uji validitas penuntun praktikum oleh Dosen dan Guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Angket uji validitas diisi oleh dosen dan guru. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil validitas dari dosen dan guru untuk penuntun praktikum ini nilai rata-rata 3,66 dengan kriteria sangat valid. 

Kata Kunci: Validitas, Penuntun Praktikum, Keterampilan Proses Sains 

DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisanti, D. 2013. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Bernuansa Quantum Learning Untuk Kelas XI Semester 2. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Padang: Tidak Diterbitkan.

Arsih, F. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Kelas VIII Berorientasi Pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Padang: Tidak Diterbitkan.

Baedhowi. 2006. Kebijakan Assessment dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Staf Ahli Mendiknas Bidang Pengembangan Kurikulum dan Media Pendidikan dan Staf Pengajar pada FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal (online) hal.13 Diakses Tanggal 23 Maret 2015.

Dwiyanti, G dan W. Siswaningsih.2010. Keterampilan Proses Sains Siswa Smu Kelas II Pada pembelajaran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal (online) hal. 4-6. Diakses Tanggal 2 Januari 2015.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar Vol.7, No.1, 2006: Hal 2-4 Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Program Pascasarjana (PPs) UNNES. Diakses 28 Desember 2014.

Khaerunnisa. 2013. Hubungan Warna Dengan Tingkat Stres Pengunjung. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional No.01 | Vol.01 Hal 10. Jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional Bandung Diakses 28 Desember 2014.

Krisnawati, H. 2006. Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Praktikum Berbasi Guided Inquiry Pada Sub Konsep Pencemaran Tanah. Jurusan FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. 

Lufri .2007. Kiat Memahami Metodologi Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.

Plomp, T dan N, Nieveen. 2013. Educational Design Research. Enschede, University Of Twente.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, N, Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sihombing, D. 2013. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramdeia Pustaka Utama.

Sobiroh, A. 2006. Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten Banjarnegara Semester 1 tahun 2004/2005. Skripsi. Semarang: FMIPA Unes.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R dan D). Bandung: Alfabeta

Wayan, I. 2010. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Az-Zahara Book’s

Widjajayanti, E. 2008. Pelatihan penyusunan LKS mata pelajaran kimia berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan bagi guru SMK/MAK. (Online). staff.uny.ac.id/sites/default/files/kualitas-lks.pdf. Diaskses Tanggal 25 Februari 2015.

Zulyetti, D. 2012. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas XI Semester 1. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Padang : Tidak Diterbitkan.

>