EFEKTIFITAS MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (Rona Taula Sari)

EFEKTIFITAS MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI
MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Rona Taula Sari

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS BUNG HATTA

ronataulasari21@ gmail.com

ABSTRAK

Pembelajaran biologi merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep, karena dalam pembelajaran biologi siswa banyak dihadapkan pada konsep-konsep yang bersifat abstrak. Guru perlu mengarahkan siswa melalui proses pembelajaran bermakna yang dialaminya sendiri sehingga mampu menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian penggunaan modul pembelajaran biologi berorientasi pendekatan konstruktivisme diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pengembangan penelitian ini adalah model pengembangan 3–D (tree D). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi, praktis dan efektifitas modul. Teknik analisis data berupa data deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan kepraktisan menggunakan modul pembelajaran biologi melalui pendekatan konstruktivisme. Berdasarkan hasil penelitan maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekatan konstruktivisme termasuk kategori efektif ditinjau dari aktivitas siswa, motivasi siswa dan hasil belajar siswa.

Keyword: Modul, Pembelajaran Biologi, Pendekatan konstruktivisme

DAFTAR PUSTAKA

Christianti. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Mind Mapping dan Scramble Word Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Untuk Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Padang: Pascasarjana UNP. 

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Kemp dan Jerrol. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB Bandung. 

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rosyid, Muh. 2010. Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Penulisan Modul. (on line) http://www.rosyid.info/2010/06/pengertian-fungsi-dan-tujuan-penulisan.html. Diakses: 02 Oktober 2011.

Rusman. 2010. Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santyasa, I Made. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul (Makalah). Jakarta: Universitas Pendidikan Ganesha. 

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Preanada Media.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: KANISIUS.

Suprawoto. 2010. Manfaat Modul. (on line) http://www.scribd. com/doc/16554502/ Mengembangkan-Bahan -Ajar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses Tanggal 27 Juli 2010.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana. 

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.


Download Full Text PDF

>