PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 ENDE (Nining Sar’iyyah, Wahidah Ahmad)

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 ENDE

(1) Nining Sar’iyyah, dan (2) Wahidah Ahmad

(1) PGSD Universitas Flores Ende, (2) SMPN 2 Ende

(1) Sariyyah.nining@gmail.com
(2) Wahidah.ahmad@yahoo.com

ABSTRAK

Penerapan model NHT dan TSTS di kelas VII SMPN 2 Ende bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA yang meliputi Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction atau biasa disingkat ARCS. Penelitian yang berjenis PTK tersebut menggunakan desain Kemmis Taggart yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I menunjukkan persentase rata-rata motivasi sebesar 57% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan penerapan model NHT dan TSTS dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran IPA.

Keyword: Model NHT dan TSTS, Motivasi Belajar

DAFTAR PUSTAKA

Antasari, R. 2010. Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TS-TS (Two Stay-Two Stray) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MA Negeri 3 Malang pada Materi Alkana, Alkena, dan Alkuna. Skripsi. Tersedia: http://karya-ilmiah.um.ac.id (Diakses tanggal 1 Mei 2016)

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Khozanah. 2010. Model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance,Confidence, Satisfaction) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup kelas VII MTs Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang. Skripsi. Tersedia: http://eprints.walisongo.ac.id/3185/3/3104175_Bab%202.pdf (diakses tanggal 12 Mei 2016)

Koban, M.G. 2012. Penerapan Model Quantum dengan Teknik Mind Mapping untuk meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Biologi Siswa kelas VII SMPN 4 Malang. Laporan PTK. Universitas Negeri Malang: Tidak Diterbitkan

Lie, A. 2010. Cooperative Leaning. Mempraktikkan Cooperative Learning di. Ruang-RuangKelas. (Jakarta: Grasindo)

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam belajar. Jakarta: PP2LPTK

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada

Suciati dan Irawan,P. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI

Suryabrata, S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Download Full Text PDF

>