HUBUNGAN NILAI UJIAN NASIONAL BIOLOGI DAN NILAI BIOLOGI UMUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP PGRI SUMATERA BARAT (Nurhadi dan Febri Yanti)

HUBUNGAN NILAI UJIAN NASIONAL BIOLOGI DAN NILAI BIOLOGI UMUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI 
STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Nurhadi dan Febri Yanti

Program Studi Pendidikan Biologi 
STKIP PGRI Sumatera Barat

plg.nurhadi@yahoo.com
febriyanti1985@yahoo.co.id

ABSTRAK

Mata kuliah Biologi Umum merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Sebagian besar kajian atau materi Biologi Umum itu sudah pernah dipelajari di SLTA. Kompetensi pelajaran Biologi di SLTA dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di STKIP PGRI Sumatera Barat tercermin dari nilai ujian nasional; dengan kata lain, salah satu tolak ukurnya adalah nilai ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai ujian nasional biologi dan nilai biologi umum mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat tahun akademik 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif korelasi yang dilaksanakan pada Maret-April 2016 di STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat, semester I tahun akademik 2015/2016. Penetapan sampel (subjek penelitian) dilakukan dengan mempertimbangkan kelengkapan nilai biologi umum, jurusan, dan asal sekolah menengah. Ditetapkan hanya mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA SMA/MA saja yang menjadi sampel, dengan jumlah 123 mahasiswa. Data dianalisis secara korelasional dengan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif (rendah) dan signifikan antara nilai ujian nasional dan nilai biologi umum mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat tahun akademik 2015/2016.

Kata Kunci : Ujian Nasional, Indeks Prestasi dan Nilai Biologi Umum

ABSTRACT

General Biology course is one of compulsory subjects for the students of Biology Education STKIP PGRI West Sumatera. Most lessons in General Biology courses have already been studied by the students in high school. The competence of biology in high school of Biology Education students in STKIP PGRI West Sumatera is reflected from the national examination score; in other words, national examination score is one of references. This study aims to determine the correlation between the national examination score and General Biology course score of Biology Education students at STKIP PGRI West Sumatera in academic year 2015/2016. This study is a decriptive correlation study, conducted in March-April 2016 at STKIP PGRI West Sumatera, Padang. The population of the study is the students of Biology Education STKIP PGRI West Sumatera, semester I in academic year 2015/2016 with a total of 143 students. The sample (study subject) is determined by using total sampling or saturation sampling method, by considering the completeness of General Biology course score, the major in high school, and the origin of high school. Thus, it is decided that only students from the Science Program in high school who will be the sample of the study, which amounts to 123 students. The data is analyzed correlationally with the correlation formula Pearson Product Moment. The result of the study shows that there is a low positive correlation and significance between national examination score and General Biology course score of the Biology Education students at STKIP PGRI West Sumatera in academic year 2015/2016. 

Keywords: National Examination, Grade Point, and General Biology score



DAFTAR PUSTAKA 

Anonimus. 2015. Buku Pedoman Akademik Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Akademik 2015/2016. STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.

Hardayanto.2015. SNMPTN Jalur Undangan Antara Keadilan dan Mahalnya Biaya Pendidikan. Kompasiana, hal 5. 

Hildayati, M. 2002. Penelusuran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Semester I Universitas IBN Khaldum Bogor. Skripsi Jurusan Statistika MIPA IPB Bogor

Lufri, Arlis Y. Yunus dan Sudirman (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Jurusan Biologi FMIPA UNP. Padang 

Mudjiono dan Dimyati (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta. 

Muyassaroh. 2011. Hubungan Antara Rata-Rata Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) Mahsiswa Tadris Biologi IAIN Walisongo Semarang Terhadap Indeks Prestasi Semester I Angkatan 2010. Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang. 

Sari, Ratna. K. 2014. Korelasi Nilai Rapor dan Nilai UN Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS Angkatan Tahun 2010. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

Sinaga, Mery T., B. Manurung dan T. Gultom. 2015. Hubungan Antara Nilai Ujian Nasional (UN) Biologi Dengan Kompetensi Biologi Umum I Mahasiswa FMIPA Semester I T.P 2015/2016 Universitas Negeri Medan Berdasarkan Jalur Masuk Universitas. 

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Edisi Kelima. Tarsito, Bandung. 

Supriyoko. 2006. Prestasi Pelajar Indonesia. (online). Pikiran Rakyat. com.

Tilaar. 2006. Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Pendidikan Masa Depan. Remaja Rosda Karya, Bandung. 

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady S. 2006. Pengantar Statistika. Edisi Kedua. Bumi Aksara, Jakarta. 

Download: File Text PDF

>